14 November, 2007

HARMONISASI WARNA TEH TONG TJI

Harmoni bisa didefinisikan sebagai susunan yang menarik dan menyenangkan, bisa terdapat dalam musik, puisi, dan warna.

Dalam dunia visual, harmoni merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk dipandang karena terdapat keseimbangan didalamnya. Sesuatu yang tidak harmonis akan mengakibatkan suatu kebosanan ataupun kekacauan.

Seperti dalam kemasan Teh Tong Tji ini, terdapat keserasian dan keseimbangan warna kuning, hijau, merah, serta putih yang merupakan warna primer dan sekunder. Karena merupakan produk teh, maka penggunaan warna hijau di kemasan sangatlah tepat. Apalagi dengan kombinasi warna hijau dan kuning yang sangat kontras, sehingga dapat menarik perhatian konsumen yang akan membeli. Warna hijau dan kuning ini merupakan hubungan warna analogous, sehingga jelas terlihat harmonis.

Warna hijau pada kemasan juga kemungkinan memperoleh pengaruh dari lukisan masa Renaissance yaitu Giovanni Arnolfini and His Bride yang dilukis pada tahun 1434. Warna hijau pada lukisan tersebut melambangkan kesuburan wanita, sedangkan warna hijau pada teh Tong Tji melambangkan kualitas teh terbaik yang dipilih sebagai bahan baku.

Selain itu, merk Tong Tji tertulis dengan warna putih dalam bidang persegi panjang berwarna merah sehingga tingkat keterbacaan sangat baik dan mudah dibaca.

Tidak ada komentar: