31 Oktober, 2007

Teh Tong Tji vs teh lainnya

Dilihat dari kemasan, Tong Tji memiliki kemasan yang paling baik. Bahan yang dipakai bukan Cuma kertas HVS yang dilipat secara sederhana, melainkan semacam kertas dengan campuran aluminium foil, sehingga dari sisi perlindungan terhadap oksidasi, Tong Tji cukup baik.

Teh cap botol, dan 2 tang memiliki warna daun hijau tua dengan ukuran daun yang masih cukup besar, sedangkan Tong Tji warna tehnya hitam, tetapi ukuran daunnya lebih kecil,
dan cenderung banyak yang hancur. Dilihat dari campuran batang teh, Tong Tji sangat sedikit sekali tampak batangnya tehnya, cap botol ada sedikit campuran batangnya, tetapi kebanyakan adalah tangkai daun tua, cap 2 tang yang paling parah, karena batangnya selain paling banyak, ukuran batangnya yang dicampurkan juga besar-besar.


Untuk aroma melati, cap botol warna hijau yang paling terasa, disusul cap botol warna biru, Tong Tji dan 2 tang.


Setelah diseduh sekitar 4 menit, hasil seduhan Tong Tji yang paling pekat, disusul 2 tang, lalu cap botol. Aroma melati yang paling pas dihasilkan dari cap botol warna hijau, disusul cap botol, Tong Tjie dan 2 tang. Rasa, hampir sekemuanya sepet, yang mengejutkan adalah Tong Tjie, ternyata paling pahit diantara kesemuanya.


Untuk kualitas daun teh, dari hasil pengamatan terhadap ampas daun teh bekas seduhan, di temukan ternyata Tong Tjie paling banyak menggunakan daun muda, sedangkan cap botol, campuran daun tua dan daun muda, cap 2 tang, sedikit sekali mengandung daun muda.
Kalau dilihat dari kualitas bahan daun semestinya Tong Tjie yang paling unggul dari kesemuanya, tetapi proses pembuatan teh yang terlalu gosong, membuat teh ini terasa paling pahit. Dalam istilah Sosro, teh yang terlalu gosong disebut sebagai Curbang. Selain dari proses penggosongan yang terlalu lama, curbang juga dapat disebabkan oleh lama penyimpanan daun teh, sehingga terjadi oksidasi, yang akan membentuk thea flavin (pembawa warna merah), akibat reaksi oksiden denga katekin.


Akan tetapi kalau dilihat dari tanggal kadaluarsa, serta bungkus yang lebih baik, kesimpulannya Curbang pada Tong Tji dihasilkan dari proses produksinya.

Jadi, apapun merknya, yang penting teh minumannya. Sehat, dan bermanfaat.

Tidak ada komentar: