18 Agustus, 2007

Kwaci cap Gadjah









Tahukah anda bahwa kwaci merupakan cemilan sehat?
Dia itu sumber vitamin E, asam folat, vitamin B, selenium, magnesium dan tembaga! Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel dari radikal bebas untuk memperbaiki struktur DNA yang rusak. Khasiat vitamin E ini masih berderet-deret lagi. Asam folat penting untuk ibu hamil, digunakan untuk pembentukan dan perkembangan sel-sel darah merah dan sel-sel otak pada janin yang mulai terbentuk pada minggu ke 3-4 kehamilan. Selenium, bersama vitamin E, membantu menjaga kesehatan kulit, juga rambut dan mata. Selain itu juga dipercayai dapat meningkatkan detoksifikasi tubuh dan membantu mencegah kanker. Magnesium membantu fungsi saraf dan otot, juga mencegah pengeroposan tulang. Tembaga dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, produksi pigmen melanin dari kulit dan rambut, dan pelepasan energi dari makanan.

Ternyata hampir seluruh penduduk dunia menyukai kwaci loh! Berdasarkan daftar yang dikeluarkan oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations pada tahun 2005, terdapat beberapa negara yang memproduksi kwaci ini. Yang terbesar adalah Rusia dengan 6.3 million metric ton, disusul dengan Ukraina, Argentina, China, India, Amerika, Turki, Bulgaria, Afrika Selatan, dan Serbia.

Sayangnya, Indonesia seperti biasa tidak termasuk dalam daftar produsen dunia. Namun rakyat Indonesia telah ikut mengkonsumsi cemilan ini sejak dulu. Salah satu produsen yang masih tetap eksis sampai sekarang yaitu Firma Gadjah yang berdomisili di Semarang. Produk Kwaci cap Gadjah ini masih dapat ditemukan di supermarket terdekat.

Meskipun pabrik kwaci ini masih eksis, namun kami kesulitan memperoleh keterangan mengenai korelasi penggunaan ilustrasi gajah pada produk kwaci dan keterangan yang lebih rinci.


  • Jenis rancangan : Kemasan

  • Jenis produk : Pangan

  • Nama produk : Kwaci cap Gadjah

  • Nama produsen : Firma Gadjah

  • Alamat produk : Semarang

  • Nomor daftar legal : 161192

  • Lembaga berwenang : Departemen Kesehatan RI

  • Nomor hak paten : SP 89/11.04/90

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Kuaci klasik di Jateng nih. Kenapa mereknya gajah? Dulu saya pikir karena gajahnya makan semangka lantas bijinya dilepeh terus diolah jadi kuaci. :D

CD Interaktif dan Poster Super besar mengatakan...

Wah, Kwaci Tjap Gadjah ini kesukaan Mama saya nih. Padahal desain kemasannya jeleeeek banget, tapi efektif (aneh ya), mungkin karena mereknya sudah tertanam kuat kali ya, sebagai produsen kwaci yang konsisten (iyala, berapa banyak sih yang mau bisnis kwaci, jaman sekarang? hihihi..)

cewek sporty mengatakan...

dimana saya bisa mendapatkan kuaci nih disurabaya...?

kOg saya tidak pernah mendapatkannya di supermarket"disurabaya ea..?